Bermain dan Belajar dengan 5 Jenis Mainan Edukasi untuk Anak

Mainan edukasi sendiri adalah mainan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan anak atau membantu belajar anak dalam hal tertentu. Dengan menggunakan mainan edukasi sebagai salah satu alat bermain, si Kecil bisa melatih kemampuan motorik dan kognitif dengan cara yang lebih menyenangkan. 

Bagaimana Memilih Mainan Edukasi Yang Baik Bagi Si Kecil?

Memilih mainan untuk anak mungkin terdengar mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Parents, nih! Salah satunya adalah memperhatikan tentang kualitas bahan dari mainan tersebut apakah dibuat dari bahan yang aman bagi anak atau tidak. Selain itu, Parents juga bisa memilih jenis permainan yang sesuai dengan umur si Kecil. Ini menjadi salah satu faktor penting loh, Parents. Permainan yang sesuai dengan umur si Kecil dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan anak di usia dini. Parents boleh cek artikel mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak di usia dini disini.

Manfaat Mainan Edukasi Untuk Si Kecil

Permainan edukasi untuk melatih imajinasi anak
Permainan Edukasi Untuk Melatih Imajinasi Anak

Bagi si Kecil, bermain adalah pekerjaan sehari-hari untuk menghabiskan waktu mereka. Bermain juga bisa menjadi sarana mereka untuk menyalurkan imajinasi yang ada pada otak mereka. Nah Parents, untuk memfasilitasi hal tersebut sebaiknya menggunakan alat bermain yang edukatif. Mainan edukasi memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil, seperti dapat merangsang motorik halus dan kasar, melatih fokus dan konsentrasi, bahkan bisa melatih kemampuan bersosialisasi si Kecil. Mainan edukasi pun juga bisa dibuat dengan alat-alat sederhana dan ada di sekitar rumah loh Parents. Jadi tunggu apalagi, yuk mulai beralih ke mainan edukasi untuk pertumbuhan si Kecil yang lebih baik.

Cara Membuat Mainan Edukasi Dari Bahan Bekas

Mainan edukasi dapat dibuat dari bahan-bahan sederhana yang ada di rumah loh, Parents! Dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar lingkungan si Kecil, Parents dapat menciptakan permainan yang menyenangkan dan tentu saja memberikan edukasi untuk si Kecil. Contohnya, Parents dapat memanfaatkan kardus bekas untuk dikreasikan menjadi rumah-rumahan dan ajak si Kecil untuk menghias rumah-rumahan tersebut. Untuk ide lainnya bisa di cek disini.

Jenis Mainan Edukasi

Jenis permainan edukasi sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan umur dan kebutuhan si Kecil. Nah Moms, berikut adalah jenis jenis permainan edukasi yang kami rekomendasikan!

1. Permainan Balok Kayu 

Mainan Edukasi Anak Balok Kayu Warna-Warni
Mainan Balok Kayu Warna-Warni

Permainan jenis ini tergolong bisa dimainkan sesuai dengan tingkatan umur si Kecil loh, Parents! Permainan ini dapat melatih fokus, dan koordinasi motorik si Kecil, serta dapat mendorong kreatifitas si Kecil. Permainan ini juga cocok dimainkan bersama orang tua dan berguna untuk meningkatkan bonding antara orang tua dan si Kecil. 

2. Puzzle dan Flash Card

Mainan Edukasi Anak Puzzle dan Flash Card
Mainan Puzzle dan Flash Card

Bermain puzzle dan flash card dapat melatih kemampuan daya ingat dan memori si Kecil, seperti ketika memindahkan potongan puzzle ke dalam bentuk yang sesuai. Selain itu, si Kecil juga dapat belajar tentang bentuk dan warna. Permainan ini secara tidak langsung melatih motorik halus si Kecil yang berguna ketika belajar berhitung, menulis, bahkan bermain alat musik. 

3. Bricks 

Mainan Edukasi Anak Bricks Warna-Warni
Mainan Bricks Warna-Warni

Permainan bricks ini termasuk salah satu permainan yang disukai oleh anak-anak. Bentuk dan juga variasi warna sudah sangat beragam. Tapi tahukah Parents? Kalau jenis mainan ini juga dapat mengasah kecerdasan dimensional pada anak loh! Pada saat menyusun bricks, si Kecil akan mulai berkenalan dengan konsep dasar bangun ruang serta dapat menstimulasi imajinasi mereka. 

4. Permainan Profesi

Mainan Edukasi Anak Profesi Juru Masak
Mainan Profesi Juru Masak

Mainan jenis ini sangat baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Selain dapat melatih kemampuan berkomunikasi dan interaksi si Kecil, jenis mainan ini juga dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan problem solving serta menemukan minat dalam diri si Kecil. Tidak hanya itu, Parents juga dapat bermain bersama si Kecil secara interaktif dan menciptakan suasana bermain yang menyenangkan.

5. Brakiasi

Mainan Edukasi Anak Brakiasi
Mainan Brakiasi

Mainan brakiasi merupakan salah satu jenis mainan yang sedang hype di kalangan Parents saat ini. Mainan ini banyak menggunakan anggota gerak si Kecil sehingga dapat melatih fisik, motorik kasar, dan halus anak. Selain itu, mainan brakiasi dapat meningkatkan kekuatan fisik, mengontrol keseimbangan anak, meningkatkan konsentrasi, dan masih banyak lagi.   

Ingin tau lebih banyak dan mencoba mainan edukasi lainnya? Yuk sewa mainan edukasi terlengkap dengan harga terjangkau di O’Rent Toys! Kami siap antarkan mainan favorit si Kecil kapan saja tanpa ribet.

One comment

Leave a comment